Cara Menghadapi Rekan Kerja Yang Tidak Kompeten

Cara Menghadapi Rekan Kerja Yang Tidak Kompeten

Elmagrebconojosdemujer – Dalam dunia kerja, apapun bidang dan jabatannya, seorang karyawan harus bisa bekerja dalam tim. Tidak hanya bekerja secara individu. Pasalnya, beberapa pekerjaan atau proyek harus dilakukan secara tim, di semua divisi, sehingga dapat memperoleh hasil yang maksimal atau mencapai tujuan.

Ini sial ketika Anda berhadapan dengan rekan kerja yang tidak kompeten. Kurangnya pengetahuan, keterampilan atau pengalaman yang memadai di lapangan atau dalam pekerjaan Anda.

1. Sabar dan tetap positif

Jika Anda tahu bahwa rekan kerja kurang kompeten, hal pertama yang harus dilakukan adalah bersabar. Menerima kenyataan atau kondisi. Tidak perlu berpikir bahwa Anda akan bosan melakukan pekerjaan Anda sendiri karena rekan kerja yang tidak mampu melakukan pekerjaan di bidang tertentu.

Tetap berpikir positif. Mungkin rekan kerja Anda kurang mahir dalam satu pekerjaan, tetapi memiliki keterampilan di bidang lain.

Misalnya, Anda tidak pandai mengerjakan proyek penulisan, tetapi Anda mahir dalam pekerjaan yang berhubungan dengan banyak orang, seperti penjualan dan pemasaran, dan hubungan masyarakat. Ketika Anda benar-benar kebalikannya.

Dengan cara ini Anda dan rekan kerja dapat saling melengkapi. Saya yakin setiap orang memiliki pro dan kontra, termasuk Anda.

2. Selalu mengingatkan

Agar tidak kesal dengan perilaku rekan kerja yang tidak kompeten, jangan ragu untuk selalu mengingat pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda. Tentunya dengan kata-kata yang sopan. Ingatlah bahwa tanggal jatuh tempo pekerjaan rumah sudah dekat atau sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan. Karena itu, dia akan mencoba mempercepat.

Dari waktu ke waktu ia menanyakan kemajuan pekerjaannya, jika sudah selesai, apa kendalanya jika tidak dikerjakan. Jika rekan kerja Anda mengalami kendala dalam prosesnya karena kurangnya kompetensi, tidak ada salahnya membantu semaksimal mungkin.

Dengan membantu Anda, Anda dapat belajar atau memperoleh pengetahuan baru untuk meningkatkan keterampilan Anda. Selama Anda membantu menemukan solusi untuk masalah tersebut, Anda tidak akan menyelesaikan pekerjaan.

3. Bicaralah dengan bos Anda

Jangan mengeluh, tetapi berkoordinasi dengan bos. Yang dalam tim kurang kompeten dalam bekerja. Tujuannya bukan untuk mencemarkan nama baik atau meremehkan rekan kerja Anda, tetapi untuk mendapatkan campur tangan atasan dalam masalah ini.

Namun, atasan juga harus mengetahui kinerja bawahannya. Termasuk masalah yang mungkin dihadapi bawahan Anda saat melakukan tugas tertentu.

Dari situ, bos akan mencari tahu dan bertanya langsung ke rekan kerja. Kemudian buat keputusan, apakah tetap memberinya pekerjaan sementara Anda mengikuti instruksi atasan Anda, atau merotasi pekerjaan dengan menggantinya dengan tugas baru yang sesuai dengan keahlian Anda.

4. Lakukan pekerjaanmu

Tidak perlu berurusan dengan rekan kerja yang tidak kompeten. Bertarung di sana, bertarung di sini untuk menjatuhkannya. Lebih baik fokus pada pekerjaan yang menjadi milik Anda untuk dilakukan dengan cepat.

Jika Anda lebih banyak mengomentari pekerjaan orang lain, apa perbedaan antara Anda dan dia? Banyak bicara, sedikit kerja. Anda akan dikritik atau ditegur oleh atasan Anda karena terlalu banyak mencampuri pekerjaan orang lain.

Lakukan apa yang menjadi tanggung jawab Anda. Setelah selesai, Anda bisa membantu rekan kerja yang sedang kesulitan. Saling membantu agar tujuan tim bisa tercapai dan hasil yang luar biasa bisa tercapai.

5. Terapkan untuk bergabung dengan program

Pelatihan Setelah menyelesaikan proyek tim, Anda dapat meminta rekan kerja Anda yang kurang terampil untuk mengikuti program pelatihan untuk meningkatkan keterampilan mereka. Bagaimanapun, itu untuk kebaikan dan kemajuan karir Anda.

Jika perlu, Anda dapat menawarkan pelatihan kepada perusahaan sesuai dengan kebutuhan karyawan. Misalnya, pelatihan SEO, copywriting, media sosial, dll.

Segera buat proposal proposal pelatihan yang akan segera ditindaklanjuti oleh supervisor atau HRD. Dengan demikian, produktivitas dan kinerja pekerja kantoran dapat meningkat dibandingkan sebelumnya. Perusahaan juga diuntungkan jika memiliki sumber daya dengan persaingan yang tepat.

Sumber:

Blitarkota

gaji analis kesehatan